Perbedaan Nexus 6 vs Nexus 5

Google dengan cara resmi sudah mengenalkan smartphone Nexus 6 yang di buat oleh Motorola untuk melanjutkan keberhasilan Nexus 5. Sedang Nexus 5 sendiri sekarang ini masih tetap di jual dengan harga Rp 4 juta-an di Indonesia. Lantas apa ketidaksamaan spesifikasi pada Nexus 6 vs Nexus 5?

Monitor & System Operasi

Nexus 6 dibekali dengan monitor sentuh memiliki ukuran 5, 9 inci atau semakin besar yang memakai resolusi Quad High Definition atau QHD 2560 x 1440 pixel yang memakai tehnologi AMOLED dengan kerapatan 496 pixel per inci. Smartphone gahar ini sudah menggerakkan system operasi Android 5. 0 Lollipop.

Sedang Nexus 5 datang dengan monitor memiliki ukuran 4, 95 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel dengan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan monitor meraih 445 pixel per inci serta dilindungi oleh susunan anti gores Gorilla Glass buatan Corning. Smartphone ini unggul dengan system operasi Android 4. 4 KitKat teranyar.

Chipset & Prosesor

Bidang dapur picu, Google Motorola Nexus 6 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 805 yang mengusung processor quad-core Krait 450 berkecepatan 2, 65GHz yang digabungkan dengan memori RAM sebesar 3GB serta di dukung oleh pengolah grafis mumpuni dari Adreno 420.

Sedang Nexus 5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung processor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2, 3GHz yang digabungkan dengan memori RAM sebesar 2GB serta di dukung oleh grafis mumpuni dari Adreno 330. Nexus 5 terang lebih unggul dari Samsung Galaxy S4 di bidang ini.

Kamera & Baterai

Motorola membekali smartphone Nexus 6 dengan kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel autofokus komplit dengan dual LED flash unik serta feature Optical Image Stabilization (OIS), dan memakai sensor Sony Exmor IMX 214 dengan aperture f/2. 0. Nexus 6 di dukung oleh kamera depan dengan resolusi 2, 1 megapiksel untuk video call serta photo selfie. Motorola Nexus 6 dibekali baterai berkapasitas 3220mAh.

Sedang Nexus 5 dibekali dengan kamera belakang resolusi 8 megapiksel memakai sensor 1/3. 2″ dengan aperture f/2. 4 yang dilengkapi dengan LED flash serta tehnologi OIS untuk menghindar blurr waktu memphoto. Nexus 5 juga dilengkapi dengan kamera depan resolusi 1, 3 megapiksel untuk video call. Nexus 5 mengusung baterai berkapasitas 2300mAh.
Konektivitas & Memori

Nexus 6 ini ada dalam dua varian kemampuan penyimpanan, yaitu 32GB serta 64GB tanpa ada ketersediaan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas smartphone Nexus 6 juga cukup komplit dengan dipersenjatai oleh support WiFi, Bluetooth, GPS/GLONASS, NFC, 4G LTE, 3G HSPA, serta port microUSB.

Nexus 5 ini ada dalam dua varian kemampuan memori internal, yaitu 16GB serta 32GB. Ke-2 varian ini tak dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Nexus 5 ini di dukung oleh feature WiFi, Bluetooth, NFC (Near Field Communications) atau Android Beam, 3G HSPA, serta 4G LTE.

Kesimpulan

Dengan cara umum Nexus 6 mendatangkan penambahan spesifikasi yang cukup penting dari Nexus 5. Tidak cuma kemampuan saja yang bertambah cepat, Nexus 6 juga tawarkan monitor sentuh memiliki ukuran besar, system operasi Android 5. 0 Lollipop teranyar, serta kamera yang lebih mutakhir. Sayangnya, harga yang di tawarkan oleh Nexus 6 ini cukup tinggi, yaitu mulai $649 atau Rp 7, 9 juta varian unlocked atau tanpa ada kontrak.
Perbedaan Nexus 6 vs Nexus 5 | anton | 5