Sony Xperia Z3 Hadir Di Indonesia, Apa Saja Kelebihannya?

Sony secara resmi memperkenalkan kehadiran smartphone unggulannya, Xperia Z3 sebagai pengganti lini Z2 yang diluncurkan sekitar enam bulan sebelumnya.

Sony Xperia Z3 kabarnya akan segera masuk pasar Indonesia pada bulan Oktober atau November 2014 mendatang. Hal ini diungkapkan langsung oleh petinggi Sony di sebuah acara yang digelar di Singapura. Sayangnya, hingga kini Sony enggan membeberakan berapa harga yang ditawarkan oleh Xperia Z3. Kemungkinan, harga Xperia Z3 sedikit lebih tinggi dari harga rilis Xperia Z2.

Tak seperti vendor smartphone kebanyakan, Sony mempunyai siklus pendek untuk flagship Android terbarunya. Rentang waktu kemunculan Xperia Z2 dengan Xperia Z3 hanya 6 bulan, di mana Z3 diumumkan pertama kali di Berlin, Jerman awal September.

Kendati usianya terlalu dekat, Sony bukan berarti memberikan spesifikasi ala kadarnya untuk Xperia Z3. Ada perubahan, sedikit memang tapi mendasar. Karena Sony ingin memberikan apa yang konsumen mau, bukan mencari yang tak perlu.

Ika Paramita selaku Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia mengatakan, saat ini Sony belum memiliki kisaran harga yang akan dibanderol untuk Xperia Z3 tersebut.

"Kami berharap harganya tidak akan berbeda jauh dari Xperia Z2 pendahulunya, karena ini merupakan produk pengganti," ujarnya saat ditemui di sela-sela peluncuran Xperia Z3 di Singapura, Selasa (16/9/2014).

Soal ketersediaan, Sony juga belum memiliki jadwal pasti kapan Xperia Z3 akan mulai dijual di Indonesia. Namun, perangkat ini diharapkan mulai beredar pada kuartal empat 2014, atau bulan Oktober mendatang.

Sony memberikan penggunanya tiga pilihan warna untuk perangkat Xperia Z3. Selain warna khas hitam dan putih, Sony juga memperkenalkan varian warna baru, copper dan silver gray.

Seperti yang kita ketahui, smartphone Sony Xperia Z3 adalah penerus dari Xperia Z2 dengan peningkatan spesifikasi dapur pacu, komponen kamera baru, dan desain yang baru. Sekilas memang tak ada yang berbeda antara Xperia Z3 dengan pendahulunya, tetapi sebenarnya tidak demikian. Xperia Z3 juga hadir dengan kemampuan yang lebih tangguh berkat sertifikat IP68.


Sebagai bukti, kini Xperia Z3 disebutkan telah dibekali sertifikasi IP 65/68 kedap air dan debu. Setifikasi IP 65/68 sendiri hingga saat ini merupakan yang tertinggi yang pernah ada di jenis perangkat mobile.

Sebelumnya, Sony membekali seri Xperia Z2 dengan sertifikasi IP 57/58. Namun kini diketahui telah banyak produk smartphone lain yang beredar di pasaran telah mengusung sertifikasi tersebut.

Tak ingin disaingi oleh para kompetitor, Sony pun akhirnya menyematkan sertifikasi IP 65/68 pada Xperia Z3.

"Fitur anti air sangat berguna bagi para pengguna, khususnya bagi mereka yang aktif," kata Chang Seng Hock, Marketing Director South East Asia & Oceania Sony Mobile Communication di acara peluncuran Xperia Z3.

Meski begitu, Hock menegaskan: "Waterproof adalah fitur yang sangat bermanfaat, tapi bukan berarti hanya itu keunggulan yang kami kedepankan. Hanya memberi kelebihan pada Xperia Z3. Kami berusaha untuk memberikan yang terbaik."

Sony Xperia Z3 Hadir Di Indonesia, Apa Saja Kelebihannya? | anton | 5